Surabaya (ANTARA) - Pelajar dari lima SMA dan SMK di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur mengikuti kompetisi mengelola usaha mikro berbasis sosial dalam "Regional Student Company Competition 2019" yang diselenggarakan Citi Indonesia (Citibank) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya, Minggu.

"Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia Robert Gardiner" di Surabaya, mengatakan, selama lima tahun, pihaknya telah mengedukasi kewirausahaan kepada lebih dari 46.000 siswa-siswi dari 137 SMA dan SMK di Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari program edukasi 'Youth Sociopreneurship Initiative'. Melalui program ini, para pelajar dibina untuk mendirikan dan mengoperasikan sebuah perusahaan (SC-Student Company) di sekolah," katanya.

Ia mengatakan, untuk tahun ini banyak sekali inovasi-inovasi yang cukup mengejutkan seperti crayon dari plastik, buku yang bisa menyala, alat pengurus nyamuk dan juga peralatan lain yang mendukung kehidupan sehari-hari.

"Hal ini termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan," katanya.
Baca juga: Santri dan pelajar SMK dilatih jadi wirausaha kopi dan cokelat
Ia mengemukakan, dalam kompetisi kewirausahaan ini, para pelajar memaparkan konsep bisnis yang dikembangkan serta memamerkan produk yang dihasilkan sebagai solusi atas sebuah permasalahan sosial.

"Kelima sekolah tersebut, antara lain SMAN 6 Surabaya, SMAN 16 Surabaya, SMAN 1 Waru, SMAN 3 Sidoarjo, dan SMKN 3 Buduran, Sidoarjo," katanya.

Sementara itu, A Nati salah satu pelajar SMAN 3 Sidoarjo yang menjadi President Director Dreinter SC menjelaskan bahwa dirinya memiliki wawasan baru mengenai wirausaha dari program Student Company.

"Membuat bisnis yang menguntungkan sudah biasa, tetapi yang bisa menghasilkan profit sekaligus bermanfaat itu luar biasa. Selain produk yang menjawab permasalahan, kami juga memiliki kegiatan corporate social responsibility sebagai bentuk keseimbangan antara keuntungan yang diraih dengan kontribusi sosial yang diberikan," katanya.

Kelima sekolah bersaing memperebutkan gelar ‘The Best Student Company in Surabaya and Sidoarjo’ dalam kompetisi ini.

Satu sekolah terbaik akan mewakili Jawa Timur untuk bersaing dengan sekolah-sekolah dari regional lainnya dalam kompetisi bisnis tingkat nasional, Indonesia Student Company Competition 2019, yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Agustus mendatang.
Baca juga: Kemenperin gencar bentuk wirausaha baru, gandeng mahasiswa dan pelajar
Baca juga: "Kecil-Kecil Jadi Pengusaha" Bukti Wirausahawan Pelajar

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019