Jambi (ANTARA) - Kementrian Pemuda dan Olahraga mendorong Danau Sipin Jambi menjadi venue olahraga dayung berstandar internasional.

“Kita mendorong Danau Sipin Jambi menjadi venue olahraga dayung berstandar nasional dan internasional, karena tidak banyak daerah yang memiliki vanue olahraga dayung yang memiliki panjang lintasan berstandar internasional, dan Danau sipin memiliki itu,” kata Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kementrian Pemuda dan Olahraga Alman Hudri di Jambi.

Dijelaskannya, untuk menen venue olahraga dinilai dari berbagai aspek, terutama untuk venue olahraga dayung, terutama dari segi sarana dan prasarana serta kenyamanan bagi atlit dalam berlaga. Menurut Alman Hudri Danau Sipin Jambi memiliki semua itu, dimana di Danau Sipin air tidak berombak sehingga membuat nyaman para atlit dalam bertanding.

Selain itu angin didanau sipin tida begitu kencang, sehingga tidak begitu mempengaruhi atlit dalam bertanding.

Alman Hudri berharap kedepan Danau Sipin dapan menjadi venue olahraga dayung berskala internasional.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M.Dianto mengatakan, kedepan pemerintah provinsi bersama pemerinta Kota Jambi akan melakukan berbagai pembenahan terhadap Danau Sipin. Tidak hanya menjadi venue olahraga dayung, namun juga akan menjadi salah satu wisata unggulan di daerah itu.

“Kedepan akan kembali dilakukan pembangunan untuk pengembangan danau sipin ini, dimana di danau ini akan dibangun pintu air oleh balai wilayah sungai guna menjaga stabilitas debit air danau,” kata M.Dianto.

Selain itu, pemerintah Kota Jambi akan kembali membangun joging track yang saat ini hanya sepanjang 1,6 kilometer akan dibangun hingga mencapai dua kilometer.

Begitupula dengan pemerintah provinsi itu, M.Dianto mengatakan pemerintah provinsi akan mendukung pengembangan danau sipin. Tidak hanya menjadi wisata dan venue olahraga dayung, namun juga dapat menjadi venue berbagai olahraga air lainnya.

Danau Sipin itu baru saja digunakan sebagai venue kejurnas dayung tingkat pelajar. Dimana padaejurnas itu PPLP Jambi berhasil meraih juara umum. Dan posisi kedua dan ketiga berhasil di raih oleh PPLPD Jawa Barat dan di posisi ketiga di raih oleh PPLP Sulawesi Tengah.

Pada tanggal 28-30 Juli 2019 mendatang, di danau itu akan kembali dilaksanakan event Kejuaraan Nasional dayung junior dan usia dibawah 15 tahun yang di laksanakan oleh Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonsia (PODSI).

Baca juga: Danau Sipin Jambi siap jadi arena kejurnas dayung pelajar
 

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019