Medan (ANTARA) - Calon haji tertua asal Kabupaten Deli Serdang atas nama Bubi Bin Abdullah (91) yang tergabung pada kelompok terbang 16 Embarkasi Medan adalah anggota Pejuang Veteran 45 yang ikut mempertahankan dan merebut Kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah kolonial Belanda.

"Saya senang bisa ikut melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah," kata Bubi, usai pemberangkatan sebanyak 393 jamaah haji kelompok terbang (Kloter) 16 di Asrama Haji Medan, Sumatera Utara, Minggu.

Menurut dia, hampir tiga tahun lamanya menunggu agar bisa berangkat haji ke Mekkah.

"Selama itu pula dia rajin menabung untuk bisa menginjakkan kaki ke tanah suci Mekkah.Alhamdulilah niat untuk haji bisa terkabul," ujarnya.

Bubi menjelaskan, niatnya yang kuat menunaikan ibadah haji tahun 2019 ini, karena dia pernah bermimpi dan seolah-olah sudah berada di Mekkah.

Sehubungan dengan itu, maka dia pada 2016 mendaftar calon haji ke Kantor Kementerian Agama (Kakanmenag) Kabupaten Deli Serdang.

"Namun, akhirnya dia bisa berangkat ke Mekkah," kata calon haji lanjut usia (Lansia) itu,

Sebanyak 393 jamaah calon haji Kloter 16 Embarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara berangkat ke Mekkah melalui Bandara Internasional Kuala Namu, Kabupaten Deli Serdang, Minggu, 18.30 WIB.

Dari 393 jamaah calon haji itu, sebanyak 380 orang dari Kabupaten Deli Serdang, 3 orang dari Kabupaten Serdang Bedagai, 2 orang dari Kota Medan, dan 1 orang dari Kota Binjai.

Pimpinan Kloter 16 Embarkasi Medan adalah Ansoruddin Saidin Nasution Bin Saidin Nasution.

Data di Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, warga Sumatera Utara yang berangkat menunaikan ibadah haji pada 2019 sebanyak 8.641 orang.

Baca juga: Petani sawit delapan tahun menabung untuk ke Mekkah
Baca juga: Seorang calon haji lansia asal Sumut berangkat ke Mekkah
Baca juga: Meskipun cedera, calon haji Tebing Tinggi tetap berangkat ke Mekkah

 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019