KSP jelaskan rencana lembaga manajemen talenta disempurnakan

KSP jelaskan rencana lembaga manajemen talenta disempurnakan

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko ditemui di Gedung Bina Graha, Jakarta pada Kamis (1/8/2019). (Bayu Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan rencana pendirian lembaga manajemen talenta yang sedang disempurnakan.

"Kami sedang sempurnakan desain besar manajemen talenta. Seperti apa sih kira-kira desain besarnya, kita melihat input, mengenali input dengan baik," kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Jakarta, pada Kamis.

Pemerintah masih mempertimbangkan bentuk institusi manajemen talenta apakah berdiri sebagai lembaga sendiri atau berafiliasi kepada salah satu kementerian.

Menurut dia, dengan lembaga itu negara akan memiliki data masyarakat yang memiliki talenta di sejumlah bidang baik olahraga, kesenian, teknologi, informasi, hingga sains.

Moeldoko berharap dengan data dari lembaga itu dapat menjadi wadah pengelolaan secara baik oleh negara untuk menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah tengah mempersiapkan badan manajemen strategis untuk pengembangan talenta anak bangsa.

Adanya badan manajemen strategis talenta merupakan komitmen negara untuk mendukung secara penuh upaya pengembangan talenta anak bangsa.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyebut pengembangan talenta dapat menutupi celah antara pendidikan dan industri.

Bekraf berharap institusi itu nantinya dapat memberikan pelatihan dengan menggandeng sekolah vokasi untuk mengejar "skill" yang dibutuhkan industri dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Baca juga: Rektor Al Azhar: lembaga manajemen talenta harus sinkron
Baca juga: Menristekdikti: Lembaga manajemen talenta akan bentuk wirausaha muda
Baca juga: Bekraf: Lembaga Manajemen Talenta jembatani pendidikan dan industri
Pewarta : Bayu Prasetyo
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019