Jakarta (ANTARA) - Max Verstappen meraih pole position perdana dalam karirnya di Formula 1 usai menjadi yang tercepat kualifikasi GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Sabtu dan pebalap asal Belanda itu mengaku telah menantikan saat bersejarah itu usai mendapati grafik performa yang meningkat di musim ini.

Verstappen yang merupakan pebalap tim Red Bull itu telah memenangi dua dari tiga balapan terakhir dan di Hungaroring rival-rivalnya tak mampu menandingi kecepatan mobil RB15 yang dia kendarai.

Putra dari mantan pebalap Jos Verstappen itu juga mencetak rekor waktu putaran tercepat di Hungaroring dengan waktu satu menit 14,572 detik di babak kualifikasi dan catatan waktunya cukup untuk menyingkirkan Valtteri Bottas dari Mercedes di peringkat dua dengan margin tipis 0,018 detik.

"Bagiku ini hanya soal waktu, terkadang kalian membutuhkan keberuntungan juga. Tentu aku pernah membuat kesalahan dan kehilangan kesempatan untuk pole position tapi hari ini aku meraihnya dan aku sangat senang dengan itu," kata Verstappen seperti dikutip laman resmi Formula 1.

"Masih ada balapan yang harus dijalani dan yang paling penting ini menutup hari ini, tapi bagiku hari ini adalah hari yang penting, yang sangat menyenangkan dan juga luar biasa untuk tim."

Baca juga:Verstappen raih pole position pertama dalam karir di Hungaria

Baca juga:Rumor Verstappen-Hamilton dalam satu tim, bos Red Bull berkomentar

Kepala tim Red Bull Christian Horner pun memuji performa pebalapnya itu.

"Max sangat bersemangat siang ini dan tercepat di hampir setiap sesi kualifikasi," kata Horner.

Verstappen harus menaklukkan tikungan terakhir sebelum finis karena Bottas sedikit lebih cepat di Tikungan 13.

"Tapi dia mengatasinya, fantastis dia bisa meraih pole position."

Horner juga memuji performa power unit Honda yang menunjukkan progres signifikan, selain itu juga pengembangan sasis mobil yang kuat musim ini, terutama sejak mereka membawa update ke Austria.

"Terima kasih untuk Honda, kami tak akan bisa melakukan ini tanpa mereka."

"Meraih pole position di sini luar biasa.... Kita tahu semua ahli mesin di Sakura dan Milton Keynes melakukan pekerjaan yang hebat dan kita tahu itu memungkinkan kita untuk meraih baris terdepan dan pole position."

Verstappen pun mengaku jika setelah update dibawa ke Austria, mobil RB15 terasa jauh lebih baik. Kemudian tim terus membawa update suku cadang baru yang mungkin tidak terlalu besar.

"Tapi ini membuatku merasa sedikit baik dengan keseimbangan dan itu lah yang kami inginkan. Aku rasa itu diperlihatkan hari ini di trek di mana kalian membutuhkan downforce sangat banyak."

Hasil terbaik di kualifikasi itu ia raih di balapan ke-93 yang ia ikuti. Verstappen juga menjadi pebalap ke-100 yang memiliki raihan pole position di sejarah Formula 1.

Ini merupakan pole position ketiga bagi tim Red Bull di era mesin hybrid setelah Monako 2016, Monako 2018 dan Meksiko 2018, yang semuanya diciptakan oleh Daniel Ricciardo.

Baca juga:Statistik GP Hungaria

Baca juga:Ancaman Verstappen dan Red Bull di GP Hungaria

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019