Surabaya (ANTARA) - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menilai figur KH Maimoen Zubair (Mbah Moen) selama hidupnya merupakan inspirasi bagi umat, khususnya masyarakat di Tanah Air.

"Beliau senantiasa menjadi inspirasi bagi siapapun," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Selasa.

Ulama kharismatik KH Maimoen Zubair asal Rembang, Jawa Tengah, wafat di Mekkah, Arab Saudi, pada pukul 04.17 waktu setempat.

Semasa hidupnya almarhum merupakan pimpinan Pondok Pesantren Al Anwar Sarang, Rembang, sekaligus tokoh senior di kalangan Nahdlatul Ulama yang memiliki posisi kehormatan sebagai Muhtasyar NU.

Menurut dia, Mbah Moen telah memberi inspirasi dan tak kenal lelah memberi semangat kepada seluruh umat di Indonesia, termasuk Jawa Timur.

"Semoga keteladanan beliau akan terus menjadi tuntunan kami," ucap mantan Bupati Trenggalek tersebut.

Tak hanya itu, bagi Emil Dardak Mbah Moen adalah sesepuh NU yang sangat kharismatik sehingga sangat layak menjadi ulama yang disegani oleh banyak pihak.

Suami Arumi Bachsin tersebut mengajak agar masyarakat se-Indonesia, khususnya warga Jatim mendoakan Mbah Moen diberi keselamatan di akhirat dan terhadap keluarga yang ditinggalkan selalu sabar serta tabah.

"Selamat jalan Mbah Moen, semoga Husnul Khotimah," kata  Emil Dardak.

Baca juga: Gus Ipul: Mbah Moen selalu terdepan dalam menghormati perbedaan
Baca juga: Jokowi unggah foto kenangan bersama KH Maimoen Zubair
Baca juga: Wali Kota Surabaya ucapkan belasungkawa atas wafatnya Mbah Moen

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019