Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai melakukan rekrutmen tenaga pelipat kertas surat suara yang akan digunakan pada Pemilu 2019.

"Saat ini kami masih melakukan rekrutmen tenaga pelipat, kami rencanakan melibatkan sekitar 100 orang untuk menyelesaikan seluruh proses pelipatan surat suara," kata Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat, Pardi di Muntok, Jumat.

Menurut dia, sebanyak 100 orang tenaga pelipat itu diyakini akan mampu menyelesaikan seluruh kertas surat suara dalam waktu empat hari.

"Kami sudah perkirakan empat hari selesai karena surat suara yang sudah diterima baru sebagian, yaitu surat suara untuk pemilihan DPR RI, anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten," katanya.

Pardi menambahkan, proses pelipatan surat suara akan dimulai pada Minggu (24/3), dipusatkan di Kantor Sekretariat KPU Kabupaten Bangka Barat.

Selain pelipatan surat suara, para petugas juga akan melakukan proses penyortiran surat suara rusak sekaligus penghitungan jumlah kebutuhan setiap TPS.

"Pada proses ini kami melibatkan petugas pendamping kelompok dan personel pengamanan dari Polres Bangka Barat untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Saat ini KPU Kabupaten Bangka Barat telah menerima tiga jenis surat suara yang akan digunakan dalam Pemilu 2019, yaitu surat suara untuk pemilihan DPR RI, anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Masih ada kekurangan jenis surat suara yang belum diterima penyelenggara kabupaten, yaitu surat untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, dan pemilihan anggota DPD RI.

"Kabar yang kami terima, dua jenis surat suara itu masih berada di pelabuhan Jakarta dan dalam proses pengiriman ke Babel, belum bisa diprediksi bisa sampai di Pangkalpinang kapan karena proses pengiriman menggunakan ekspedisi kapal," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019