Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberdayakan keberadaan forum anak untuk mencegah terjadinya pernikahan dini sekaligus memberikan perlindungan dan hak tumbuh kembang seluruh anak di daerah itu.

"Kami harapkan keberadaan Forum Anak Bangka Barat diperhatikan seluruh instansi terkait agar anak-anak semakin mendapatkan rasa aman dan terarah," kata Plt Bupati bangka Barat, Markus di Muntok, Jumat.

Selain memberikan ruang khusus dalam pengembangan diri sesuai bakat dan ketertarikan generasi muda, keberadaan forum itu juga diharapkan mampu mendukung terwujudnya Kabupaten Bangka Barat layak anak.

Menurut dia, forum itu juga merupakan arena untuk bermain dan belajar dengan lebih terarah untuk menciptakan generasi cerdas dan berkarakter.

Ia mengatakan, pemerintah daerah setempat akan selalu mendukung aktivitas dalam forum tersebut sebagai bentuk partisipasi dalam memenuhi hak anak dalam menyatakan dan mendengarkan pendapat.

"Forum itu juga sebagai wadah menerima dan memberi informasi sesuai kecerdasan dan usianya, kami akan dorong agar forum bisa berkembang hingga dirasakan anak di seluruh pelosok demi pengembangan diri generasi penerus," katanya.

Untuk mendukung aktivitas forum, pemerintah sudah memberikan kontribusi nyata dalam membantu forum anak dalam hal mensosialisasikan agar anak-anak penerus bangsa tidak terjerumus dalam hal-hal negatif seperti penyalahgunaan narkoba, seks bebas dan pernikahan dini.

"Pernikahan di usia dini masih menjadi permasalahan bersama, kami harapkan seluruh pihak untuk ikut berperan aktif menurunkan jumlah kasus itu agar masa depan anak-anak Bangka Barat semakin cemerlang," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019