Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung memperkirakan pertumbuhan ekonomi Babel di triwulan I 2019 akan membaik sejalan dengan normalisasi ekspor timah dari daerah.

"Setelah mengalami perlambatan sehubungan dengan adanya penyesuaian ekspor pada triwulan IV 2018, di triwulan I 2019 pertumbuhan ekonomi Babel kita perkirakan akan membaik," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Babel, Tantan Heroika di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, meski di 2018 pertumbuhan ekonomi Babel mengalami perlambatan, namun di triwulan awal 2019 ini akan membaik sejalan dengan normalisasi ekspor timah karena harga timah juga diperkirakan akan membaik.

"Konsumsi domestik juga optimis tumbuh membaik sejalan dengan masih masuknya tahap persiapan pelaksanaan pemilihan presiden dan calon legislatif di bulan April 2019 mendatang," ujarnya.

Dari sisi sektoral, pertumbuhan ekonomi pada triwulan I 2019 akan semakin membaik ditopang oleh membaiknya kinerja sektor industri pengolahan terutama pengolahan timah dan sektor perdagangan.

"Dan kita memperkirakan di 2019 ini pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung berada pada kisaran 4,5 – 5,0 persen," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019