Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan uji coba aplikasi sistem informasi penghitungan yang akan digunakan pada Pemilu 2019.

"Uji coba dilaksanakan agar seluruh petugas dan sistem pendukung bisa digunakan dengan baik dan tidak mengalami kendala pada saat yang dibutuhkan nanti," kata anggota KPU kabupaten Bangka Barat, Harpandi di Muntok, Rabu.

Menurut dia, pelaksanaan pemungutan suara semakin dekat dan penyelenggara di tingkat kabupaten hingga desa terus melakukan berbagai persiapan yang dibutuhkan untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 17 April 2019.

Persiapan petugas yang akan menjalankan aplikasi sistem informasi penghitungan juga terus dilakukan agar bisa mendukung proses penghitungan dengan baik dan transparan.

"Aplikasi ini disiapkan agar masyarakat bisa ikut memantau hasil penghitungan suara sesuai komitmen kami dalam menggelar pemilu yang transparan," ujarnya.

Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Bangka Barat itu mengatakan sistem informasi penghitungan Pemilu 2019 merupakan aplikasi berbasis WEB yang diharapkan akan menjadikan hasil pemilu lebih transparan.

"Melalui aplikasi itu akan akan memudahkan masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap hasil pemungutan dan penghitungan suara di TPS dan rekapitulasi di tingkat kecamatan," katanya.

Untuk mendukung penyediaan informasi itu, KPU Kabupaten Bangka Barat telah menyiapkan sejumlah petugas khusus yang akan menjalankan dan mengunggah data yang dibutuhkan.

"Sebanyak enam orang petugas, terdiri dari tiga orang operator, dua orang petugas verifikasi dan satu koordinator sudah disiapkan, mereka juga sudah mengikuti bimbingan teknis dan pelatihan untuk menjalankan aplikasi tersebut," katanya.

Untuk mengetahui informasi hasil pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS dan rekapitulasi di tingkat PPK, masyarakat bisa mengakses melalui laman www.infopemilu.kpu.go.id.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019