Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, berupaya melestarikan permainan gasing di daerah ini melalui lomba yang digelar di lapangan gasing komplek Pantai Baturakit Muntok, Minggu.

"Lomba ini sebagai langkah nyata pemkab dalam melestarian permainan gasing, ini merupakan agenda tahunan yang kami harapkan bisa mendukung upaya meningkatkan kunjungan wisata di Bangka Barat," kata Kepala Bidang Pariwisata Dishubparinfo Kabupaten Bangka Barat Iswandi di Muntok, Minggu.

Ia menjelaskan lomba permainan gasing untuk tahun ini diikuti sekitar 80 perserta putra dan putri kriteria umum dan pelajar dengan kategori berat maksimal 0,4 kilogram.

Selain mencari juara, kata dia, lomba ini juga sebagai upaya mempertemukan para pegiat gasing di daerah itu yang selama ini bermain sendiri-sendiri di desa masing-masing.

"Lomba ini pada dasarnya sebagai ajang silaturahim pelaku gasing, kalau tidak ada acara seperti ini, mereka belum tentu bisa berkumpul dalam satu kegiatan," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan lomba permainan gasing akan terus dikembangkan dan dijadikan agenda tahunan sebagai upaya pelestarian permainan tradisional yang saat ini mulai ditinggalkan generasi muda.

"Sebagai upaya menumbuhkembangkan permainan gasing, kami juga sudah membangun arena atau lapangan sesuai standar permainan gasing di komplek Pantai Baturakit, kami harapkan masyarakat termotivasi melestarikan permainan ini," katanya.

Sementara itu, Asisten 1 Bidang Pembangunan dan Kesra Pemkab Bangka Barat Zumrowi Achyar mengatakan pemkab setempat akan terus berupaya menumbuhkan permainan tradisional gasing di tengah masyarakat.

"Kami akan terus memeliharanya sebagai upaya menjaga keberadaan permainan khas yang diharapkan bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan, selain seni budaya lainnya yang juga mendapat perhatian khusus dari pemkab," kata dia.

Ia menerangkan Bangka Barat sebagai salah satu destinasi wisata sejarah di Indonesia memang sudah ditetapkan sebagai kota pusaka yang memiliki warisan sejarah dan budaya yang cukup besar.

"Kami harapkan permainan gasing bisa mendukung wisata budaya dan sejarah yang dimiliki Bangka Barat sehingga banyak alternatif untuk dikunjungi," katanya.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014