Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) kabupaten Bangka, provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat jumlah peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2019 pada tingkat SMPmaupun  sederajat sebanyak 4.240 siswa.

Kepala Dinas Dikbud kabupaten Bangka, Padli di Sungailiat, Jumat, mengatakan jumlah peserta UNBK tingkat SMP maupun sederajat 2019 yang diselenggarakan pada 22-25 April 2019, berjumlah 4.240 siswa tersebar di delapan kecamatan.

Dia mengatakan, dari 4.240 siswa peserta UNBK tersebut berasal dari SMP negeri yang jumlahnya sebanyak 31 sekolah dan 44 SMP swasta.

"Ujian nasional pada 2019, semuanya menerapkan berbasis komputer dan jika terdapat sekolah yang belum memiliki fasilitas komputer akan digabungkan ke sekolah lain yang tersedia kelengkapan perangkat komputer," katanya.

Sedangkan untuk peserta UNBK Madrasyah Tsyanawiah (MTS) di bawah kantor Kementerian Agama tercatat sebanyak 916 siswa dari tiga MTS negeri dan 16 MTS swasta.

"Jadwal ujian dimulai hari Senin(22/4) mata pelajaran Bahasa Indonesia, Selasa ujian Matematika, Rabu ujian Bahasa Inggris dan Kamis ujian pelajaran IPA," ujar Padli.

Sistem ujian, menurut dia, mengunakan pola ship sejak pagi hingga sore hari yang dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

"Secara teknis semua sekolah yang menyelenggarakan UNBK dinyatakan sudah siap, baik kesiapan untuk energi listrik maupun jaringan internet dari PT. Telkom," ujarnya.

Padli mengatakan, siswa UNBK tingkat SMPmaupun  sederajat di kabupaten Bangka pada 2018 masuk nominasi Integritas nomor dua nasional. Integritas ini menyangkut kejujuran para pengawas ujian dan hasil ujian murni usaha dan kerja keras siswa.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019