Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan kelayakan perangkat pendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs di daerah itu.

"Persiapan UNBK hanya tinggal memastikan semua perangkat lunak dalam kondisi baik, terutama jaringan dan komputer. Kalau persiapan lainnya sudah tidak ada masalah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Iskandar di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan, pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs di daerah itu dijadwalkan secara serentak pada 8 hingga 15 April 2019 yang diikuti sebanyak 2.942 siswa.

"Jadwal UNBK dimajukan atau dipercepat karena pada Mei 2019 merupakan bulan puasa dan kemudian disambut pula dengan Lebaran Idul Fitri," ujarnya.

Namun demikian, kata dia, tidak berpengaruh terhadap kesiapan siswa karena pihak sekolah sudah mempersiapkan diri jauh hari sebelumnya.

"Teknis pelaksanaan UNBK tentu sama dengan tahun sebelumnya dan semua lembaga pendidikan SMP/MTs di daerah ini sudah menerapkan sistem UNBK karena sudah didukung perangkat yang memadai," ujarnya.

Namun demikian, kata dia, beberapa hari sebelum pelaksanaan UNBK harus dipastikan semua perangkat pendukung dalam kondisi siap dioperasikan.

"Terus terang saja yang kami khawatirkan hanya kondisi perangkat lunak, jaringan dan arus listrik karena tahun sebelumnya sempat menjadi masalah di situ," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019