Koba (Antara Babel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung mengingatkan warga untuk mewaspadai penyakit ispa dan diare yang dapat mengganggu saluran pernapasan.

"Dua jenis penyakit ini biasanya sering muncul saat cuaca tidak menentu seperti ini, terutama pada musim kemarau maka warga diminta mewaspadainya," kata Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, Bahrun Siregar Sutrisno di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, penyakit ispa mudah menyerang dan menularkan kepada orang lain sehingga warga diminta melakukan antisipasi dini.

"Penyakit ini terutama rentan diderita anak-anak dan bisa menyebabkan kematian, umumnya karena pneumonia," katanya.

Ia menjelaskan, ispa dapat dicegah diantaranya dengan mengenakan masker terutama saat berada di luar rumah, tidak merokok, mencuci tangan dengan baik dan benar, dan perilaku lain yang mengarah pada hidup bersih dan sehat yang sesungguhnya sederhana.

"Diare juga rentan menyerang pada anak-anak dan penyakit ini dapat menyerang semua kalangan. Penyebab diare adalah rotavirus atau virus masuk melalui mulut dan penularannya melalui kontaminasi tangan, botol dan alat makan," jelasnya.

Ia juga menyatakan, hingga Mei 2014 belum ditemukan adanya kasus penyakit menonjol yang terjadi di masyarakat.

"Kasus penyakit yang terjadi bisa ditanggulangi dengan baik dan bahkan angka kasus masih di bawah tahun sebelumnya," ujarnya.

Ia mengatakan, jenis penyakit rutin terjadi setiap tahun yaitu malaria dan demam berdarah namun hingga Mei 2014 jumlah penderitanya masih rendah dibanding tahun sebelumnya.

"Kami terus gencar melakukan sosialiasi bahaya penyakit di masyarakat, juga membantu dalam melakukan pencegahan dini," ujarnya.

Pewarta: Oleh Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014