Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng Polres Bangka Barat untuk mengamankan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan digelar selama empat hari mulai Senin (1/4).

"Kami sudah berkoordinasi dengan Kapolres Bangka Barat dan akan menempatkan personel di masing-masing sekolah penyelenggara UNBK," kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Babel wilayah III Kabupaten Bangka Barat, Sudarni di Muntok, Minggu.

Disdik Babel akan menggelar UNBK di Kabupaten Bangka Barat di sebanyak 14 lokasi, masing-masing sepuluh untuk sekolah SMA dan empat lokasi yang akan diikuti siswa Madrasah Aliyah (MA) di enam kecamatan di daerah itu.

Jumlah peserta UNBK SMA/MA pada tahun ini di kabupaten tersebut sebanyak 1.382 siswa, terdiri dari 1.198 siswa SMA dan 184 siswa MA.

"Kehadiran personel Kepolisian diharapkan bisa memberikan rasa tenang bagi para peserta serta mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan selama pelaksanaan UNBK," ujarnya.

Selain menggandeng pihak Kepolisian, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan PT Telkom dan PT PLN Persero untuk menjamin ketersediaan jaringan internet dan listrik selama berlangsungnya ujian.

Pihak sekolah penyelenggara juga diwajibkan untuk menyediakan teknisi komputer dan jaringan internet agar seluruh pelaksanaan berjalan dengan lancar.

"Sekolah juga kami anjurkan untuk menyediakan mesin genset untuk berjaga-jaga jika terjadi pemadaman listrik mendadak," kata dia.

Ia berharap seluruh persiapan yang sudah digelar mampu menyukseskan agenda nasional pelaksanaan UNBK di daerah itu.

"Persiapan sudah cukup maksimal kami berharap pelaksanaan UNBK SMA/MA tahun ini berjalan sukses seperti pelaksanaan UNBK SMK yang sudah digelar beberapa hari lalu," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019