Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara guna mematangkan kesiapan pelaksanan pemilu 17 April 2019.

"Pelaksanaan simulasi ini adalah asli seperti pada saat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada hari rabu 17 April 2019 nanti," kata ketua KPU Belitung, Soni Kurniawan di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, simulasi itu dibuat seperti aslinya seperti hari pelaksanaan pemilu berlangsung. Mulai dari TPS yang berukuran 8 x 10 meter, skema penempatan alat kelengkapan TPS, posisi-posisi KPPS, petugas linmas, saksi-saksi dari Partai Politik Peserta Pemilu.

Kemudian dihadiri oleh saksi DPD, saksi dari tim pemenangan Presiden dan Wakil Presiden, PTPS dan pemilih dengan seluruh kategori pemilih mulai dari pemilih DPT DPTb dan DPK yang dalam simulasi ini diperankan dari PPK, PPS dan KPPS.

"Demikian pula dengan gambaran pemilih dalam berbagai kondisi seperti difabilitas," katanya.

Selain itu, kata dia, pelaksanaan simulasi tersebut juga menjadi ruang dan kesempatan sosialisasi kepada masyarakat dimana mereka dapat melihat langsung menyaksikan proses simulasi tersebut.

Dikatakannya, dari pelaksanaan kegiatan tersebut nantinya akan segera dilakukan evaluasi dan perbaikan dan perbaikan baik secara administrasi maupun teknis sehubungan saat ini sedang berjalan pula proses bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara.

"Saat ini sedang berlangsung juga bimbingan kepada seluruh KPPS Se - Kabupaten Belitung yang dilakukan oleh PPK dan PPS dan dimonitoring untuk tetap dibimbing oleh KPU Kabupaten Belitung," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019