Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar simulasi pengamanan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebagai persiapan untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019.

"Melalui simulasi yang dilaksanakan semirip mungkin dengan pemungutan suara pada pemilu itu kami harapkan dapat mengetahui potensi atau kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto melalui Wakapolres Kompol Joko Triyono di Muntok, Sabtu.

Menurut dia, simulasi yang dilaksanakan di Mapolres Bangka Barat tersebut melibatkan sejumlah personel yang memerankan sebagai pemilih, petugas TPS, saksi, petugas Linmas dan pengawas pemilu.

Detail pelaksanaan pemungutan, penghitungan suara hingga proses rekapitulasi dilakukan untuk mengetahui gambaran rinci kemungkinan potensi kerawanan.

"Puncak pesta demokrasi semakin dekat, kami harapkan melalui kegiatan ini personel pengamanan yang bertugas di seluruh TPS semakin siap dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik, sesuai standar pengaman yang berlaku," katanya.

Selain menggelar simulasi, pada kesempatan itu pihaknya juga melakukan pengawasan dan pengecekan perlengkapan pendukung lain dan administrasi pos pengamanan.

Dalam kesempatan itu Wakapolres mengecek langsung kesiapan dan persiapan fisik maupun mental seluruh personel yang terlibat dalam tugas pengamanan di TPS.

"Kami berharap kepada personel Polres Bangka Barat mampu memahami mekanisme pemungutan suara, potensi yang akan terjadi di lapangan dan mampu mengantisipasi sejak awal kemungkinan terjadinya berbagi gejolak yang akan timbul," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019