Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggencarkan sosialisasi pemilu damai guna menciptakan situasi yang aman dan nyaman di masyarakat menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019.

"Kami kerahkan seluruh personel Bhabinkamtibmas untuk memasang poster, spanduk dan alat sosialisasi sejenisnya yang berisi imbauan kamtibmas," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto di Muntok, Sabtu.

Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 tinggal beberapa hari lagi, untuk itu masyarakat diajak ikut berperan aktif dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan di lingkungan masing-masing.

"Polri bersama TNI mendukung sepenuhnya pelaksanaan Pemilu 2019 yang aman, damai dan demokratis, masyarakat tidak perlu khawatir datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya," katanya.

Ia menegaskan, Polri bersama TNI dalam mengawal pesta demokrasi akan tetap menjaga sikap netral.

"Kami berharap situasi aman, damai dan tertib yang terjadi selama ini tetap terjaga agar masyarakat bisa melaksanakan aktivitas sehari-hari dengan tenang," katanya.

Sementara itu, personel Bhabinkamtibmas Kelurahan Kelapa, Brigadir Guntur Hidayat mengatakan, sosialisasi untuk menjaga situasi kamtibmas terus dilakukan hingga ke pelosok.

"Sosialisasi tatap muka dan melalui penempelan media berupa spanduk, poster dan sejenisnya terus kami lakukan untuk memberikan penyuluhan pentingnya menjaga situasi kamtibmas," katanya.

Selain itu, dia juga mengajak masyarakat yang sudah memiliki hak pilih untuk tidak golput dan menggunakan hak pilih/suaranya pada pemilu 17 April 2019.

"Mari meriahkan pesta demokrasi dengan tetap menjaga kamtibmas, walau berbeda pilihan harus tetap rukun, jauhi ujaran kebencian dan hindari penyebarluasan berita hoaks dan saling menghargai perbedaan," katanya.

Ia mengingatkan agar masyarakat untuk menolak praktik politik uang karena melanggar hukum yang berlaku.

"Penerima dan pemberi uang sama-sama melanggar hukum dengan ancaman pidana," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019