Wakil Bupati Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Riza Herdavid melepas ratusan personel gabungan dari TNI dan Polri guna mengamankan Pemilu 2019 di daerah itu.

"Hari ini saya bersama Forkominda melepas ratusan pasukan gabungan yang nantinya akan melakukan pengamanan di TPS dan patroli bersama guna memberikan rasa aman kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2019," kata dia di Toboali, Senin.

Sebelum diberangkatkan untuk menjalankan tugas, ratusan personel gabungan ini terlebih dahulu mendengarkan langsung tujuh amanat Kapolri yang disampaikan oleh Wakil Bupati Bangka Selatan.

Adapun tujuh amanat Kapolri yang disampaikan oleh wabup, yang pertama adalah Perkuat Solidaritas dan Sinergitas TNI/POLRI guna mewujudkan Pemilu yang aman, lancar dan damai, yang kedua Jaga netralitas TNI/POLRI serta hindari tindakan yang dapat menciderai netralitas TNI/POLRI dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu, yang ketiga kedepankan langkah-langkah pro aktif dengan mengedepakan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini.

Selain itu Kapolri juga mendorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol dan masa pendukungnya, Pemda, Media, Tokoh masyarakat serta pengawas pemilu Independen untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang di emban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Yang kelima Gelorakan deklarasi pemilu damai di masing-masing wilayah dengan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu.

Tidak hanya itu, para pasukan pengaman juga diamanatkan untuk menyusun rencana pengamanan secara detail dan laksanakan latihan setiap tahapan pengamanan termasuk dalam menghadapi situasi kontijensi serta harus ada penegakan hukum secara profesional dan proporsional, baik terhadap dugaan tindak pidana pemilu yang diselenggarakan melalui sentra Gakumdu, maupun pelanggaran hukum lainnya guna menjamin kamtibmas.

Sebagai Wakil Bupati saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk melaksanakan Pemilu 2019 dengan azas Luber Jurdil, sehingga pemilu dapat berjalan aman, lancar dan damai," katanya.

Komandan Kodim 0413/Bka, Letkol Arm Riski Budiyanto mengatakan patroli keamanan ini rencananya akan berlangsung selama masa tenang mulai hari ini hingga pencoblosan pada Rabu 17 April mendatang.

"Kami gelar apel pengamanan masa tenang dan pergeseran PAM pos baik dari Polda maupun Kodam. Kita berikan pesan di masyarakat bahwa Polda dan Kodam siap melakukan pengamanan pemilu," katanya. 

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019