Kepala Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Firman Andreanto melakukan pemantauan langsung ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) untuk memastikan proses Pemilu 2019 berjalan tanpa gangguan keamanan dan ketertiban.

"Kami berharap masyarakat ikut berperan aktif mengawal pelaksanaan pemilihan umum agar bisa berjalan jujur, adil dan sesuai aturan yang berlaku," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto di Muntok, Babel, Rabu.

Kapolres melaksanakan pemantauan langsung ke TPS bersama Dirkrimum Polda Babel Kombes Budi Hariyanto di beberapa lokasi di wilayah hukum polres setempat, antara lain di Kelurahan Sungaibaru, Tanjung, Sungaidaeng yang berada di Kecamatan Muntok.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah strategis untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan Pemilu 2019 di daerah itu.

"Kami juga ingin memastikan para personel yang terlibat dalam pengamanan TPS dalam kondisi siap dan menjalankan tugasnya sesuai instruksi," katanya.

Firman Andreanto berpesan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing demi terciptanya pemilu aman dan damai.

Selain melakukan peninjauan langsung, Kapolres juga memerintahkan anggota jajaran untuk menjalin kerja sama dengan TNI, penyelenggara dan pengawas dalam mengawal pelaksanaan pemilu.

Lebih dari 300 personel kepolisian yang diterjunkan di wilayah hukum Polres Bangka Barat, mereka diminta bersinergi dengan TNI dan instansi terkait dalam rangka mewujudkan pemilu damai.

"Kami juga telah menyediakan beberapa posko pengamanan pemilu yang dilengkapi dengan peralatan dan personel tim gabungan di beberapa lokasi strategis selama pelaksanaan Pemilu 2019," katanya.

Keberadaan personel pengamanan gabungan di tengah masyarakat tersebut diharapkan mampu menghadirkan rasa aman, tertib dan nyaman sekaligus menekan resiko terjadinya konflik di daerah itu. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019