Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi mengajak masyarakat untuk kembali merajut persatuan pasca selesainya pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan legislatif (Pileg) 2019 ini.

"Sebagai anak bangsa, kita ingin betul bangsa ini tetap hebat, tetap kuat, tetap NKRI dan tetap dalam koridor hukum. Jadi kami mengajak masyarakat melepas sekat-sekat perbedaan pilihan pada Pemilu 2019 kemarin dan kembali bersatu," kata Sekda Babel, Yan Megawandi, di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan, terkait pelaksanaan Pemilu 2019 di Babel, begitu aman dan terkendali. Tingkat partisipasi juga dilaporkan lebih tinggi dibanding pemilu dan pilkada sebelumnya.

"Target kita partisipasi di Pemilu 2019 ini  77,7 persen bisa dicapai. Dari informasi yang kita dapat secara lisan, katanya sudah di angka 70 persen. Mudah-mudahan kalau sudah selesai semua nanti, target 77 persen itu bisa tercapai," ujarnya.

Menurut Yan, situasi Pemilu 2019 di Babel ini juga sudah dilaporkan pihaknya ke pemerintah pusat melalui siaran video confrence. Dan ada beberapa kejadian yang berpotensi melakukan pencoblosan ulang karena ada pemilih yang menggunakan KTP yang bukan dari daerah domisilinya.

Dari seluruh TPS, ada sekitar empat TPS, yakni TPS 4 Desa Sangku (Bangka Barat), TPS 4 Desa Mesu (Bangka Tengah), TPS 10 Desa Beluluk (Bangka Tengah), danTPS 4 Kelurahan Kacang Pedang (Pangkalpinang) yang kemungkinan akan melakukan pencoblosan ulang.

"Ini baru potensi. Kita akan lihat lagi apakah dilakukan PSU (pemungutan suara ulang) atau tidak karena harus diputuskan KPU," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019