Sekretaris daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi optimis angka partisipasi Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) atau Pemilu 2019 mencapai lebih dari 70 persen, sesuai target yang diharapkan.

"Berdasarkan hasil yang dilaporkan KPU Babel usai pelaksanaan pemilu kemarin,  angka partisipasi memilih sudah mencapai 70 persen lebih. Ini merupakan angka tertinggi pertama kali yang ada di Babel dari rangkaian pemilu dan Pilkada," kata Yan Megawandi, di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan, seluruh pejabat dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama dengan Perangkat Daerah Babel sudah menggelar video conference (Vicon) dengan Tim Pemantau Pemilu 2019 tingkat pusat.

"Kita sudah laporkan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden secara langsung, bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 di Babel berjalan dengan lancar, tertib, dan terkendali," ujarnya.

Menurut Yan, gubernur, wagub bersama Forkopimda Babel, KPU, Bawaslu sudah berusaha maksimal untuk mengawal kegiatan Pemilu Serentak 2019, supaya berjalan sesuai rencana di Provinsi Babel, yakni aman dan lancar.

"Forkopimda Babel bersama perangkat daerah Babel telah melakukan pemantauan secara langsung ke sejumlah TPS yang ada di Bangka, dan Wagub bersama Kapolda serta OPD terkait melakukan pemantauan di Pulau Belitung," ujarnya.

Sementara, Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Hukum dan Kesbang, Didik Suprayinto, memberikan apresiasi kepada masyarakat Babel, karena sudah berpartisipasi dalam menentukan hak pilihnya pada Pemilu Serentak tahun 2019 ini.

"Saya menyampaikan pesan Pak Menteri, karena partsipasi masyarakat Babel untuk menggunakan hak pilihnya sangat tinggi, rata-rata seluruh Indonesia 80 persen," ujarnya.

Selain itu, Didik juga mengapresiasi seluruh jajaran TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas serta masyarakat yang telah menjaga agar pemilu tahun ini, berjalan dengan aman dan damai serta lancar.

Dirjen Dukcapil, Zudan Arif, juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen di Pemerintahan maupun masyarakat yang telah membantu jalannya Pemilu Serentak tahun 2019 ini, sehingga berjalan dengan kondusif serta lancar.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda Babel, karena Babel aman, damai serta tentram. Kita harap masyarakat juga terus selalu menjaga suasana kondusif di Babel," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019