Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjalin kerjasama dengan Universitas Sampoerna tentang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Masyarakat (SDM) di daerah itu.

"Ini adalah upaya peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Belitung. Karena kemajuan bangsa tidak terlepas dari persoalan pembangunan sektor pendidikan," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, selain meningkatkan kualitas pendidikan, kerjasama itu juga diharapkan dapat mengembangkan potensi unggulan lainnya yang ada di daerah itu, diantaranya pengembangan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kami berharap Universitas bisa melihat potensi yang ada di Belitung dalam perjanjian kerja sama ini. Misalnya berupa produk-produk UMKM dan olahan lainnya," kata dia.

Dirinya berharap, nantinya lulusan dari program kerjasama tersebut bisa mengabdikan dirinya kepada masyarakat dalam untuk kemajuan daerah.

"Nantinya mereka bisa mengabdikan diri untuk masyarakat Belitung sesuai dengan kebutuhan. Karena anak didik kita banyak yang mempunyai potensi dan kecerdasan," ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Sampoerna, Wahdi Yudhi di Tanjung Pandan, Rabu menyambut baik kerjasama tersebut.

"Kami sangat terbuka dengan tiga hal tadi yakni pendidika, penelitian dan pengabdian masyarakat," katanya.

Nantinya, kata dia, pihaknya akan menyiapkan sebanyak 10 kuota bagi pelajar terbaik di daerah itu untuk menerima beasiswa dan menempuh pendidikan di Universitas tersebut.

"Nantinya Pemda yang menyeleksi kalau ada putra-putri terbaiknya. Saat ini ada tim juga yang mulai sosialisasi ke beberapa sekolah," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019