Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mengatakan "cold storage" yang akan dibangun di Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar memiliki kapasitas lima ton.

"Kapasitasnya lima ton, lahan sudah disediakan seluas setengah hektare dan tahun ini segera dibangun," katanya di Koba, Senin (29/4).

Ia menjelaskan, dana pembangunan cold storage itu bersumber dari APBN, dan masyarakat sangat membutuhkan karena rata-rata bekerja sebagai nelayan.

"Memang kapasitasnya jauh lebih kecil dibanding cold storage yang sudah berhasil kami bangun di Desa Kurau, namun fasilitas tersebut sangat dibutuhkan nelayan," ujarnya.

Ia menjelaskan, secara bertahap pemerintah daerah akan menyediakan fasilitas gudang pendingin dan tempat penyimpanan ikan di daerah sumber penghasilan ikan.

"Kurau yang dikenal dengan desa nelayan sudah memiliki cold storage, tahun ini akan dibangun di Desa Batu Beriga," ujarnya.

Bupati menjelaskan, cold storage ini dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat nelayan untuk meningkatkan produksi dan menjaga stabilitas harga ikan.

"Gudang pendingin ikan ini sangat dibutuhkan saat hasil tangkapan nelayan melimpah, tentu harga cenderung turun maka sementara waktu disimpan di gudang yang nanti bisa dilepas ke pasaran saat harga ikan sudah naik," ujarnya. 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019