Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendukung tuntutan para pekerja, khususnya Buruh se-Babel yang disampaikan pada perayaan Hari Buruh 2019 didaerah itu.

"Meski acara ini tidak formal, namun disini kita mengajak para buruh meningkatkan rasa kekeluargaannya dan kita mendukung apapun yang disampaikan mereka untuk kesejahteraannya," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Cheppy Nugraha di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, Pemprov Babel mendukung apapun yang disampaikan para buruh untuk kesejahteraannya, seperti penghapusan PKWT dan menindak tegas perusahaan yang membandel.

"Apapun yang disampaikan para buruh hari ini kita dukung asalkan untuk kesejahteraan mereka," ujarnya.

Salah satu tuntutan dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk penghapusan pekerja kontrak waktu tertentu atau PKWT juga akan kita dukung asalkan ada keseimbangan antara pengusaha dan buruh.

"Sebagai pemerintah daerah, sudah tugas kita menciptakan keseimbangan antar pengusaha dan buruh. Pengusaha tidak bisa berjalan sendiri tanpa buruh, begitu juga sebaliknya, buruh tidak bisa berdiri tanpa pengusaha," ujarnya.

Cheppy menambahkan, dalam peringatan Hari Buruh 2019 ini, Pemprov Babel juga akan meningkatkan pengawasan terhadap perusahaan yang belum menerapkan UMP sesuai yang ditetapkan pemerintah daerah.

"Kita juga akan meningkatkan pengawasan terhadap perusahaan yang masih bandel, yang belum menerapkan UMP," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019