Kepolisian Resor Bangka Barat, Daerah Kepulauan Bangka Belitung mengimbau warga agar tetap bersabar menunggu jadwal Komisi Pemilihan Umum menetapkan seluruh hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019.

"Tunggu pengumuman resmi dari KPU, jangan mudah terprovokasi karena sampai saat ini penyelenggara masih melakukan rekapitulasi manual," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto melalui Kepala Satbinmas Iptu Taufik Zulfikar di Muntok, Kamis.

Menurut dia, selama ini masyarakat Bangka Barat cukup dewasa dalam menyikapi proses berdemokrasi, terbukti dengan tetap terjaganya situasi yang aman, tertib dan nyaman pascapemilu.

Selain itu, Iptu Taufik juga mengimbau masyarakat agar tetap menahan diri dan tidak mudah melakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum.

"Kami akan terus melakukan sosialisasi dan imbauan agar masyarakat tetap tenang, seperti yang kami lakukan di media maupun dalam tatap muka dengan warga," ujarnya.

Ia mencontohkan, pertemuan dengan warga di Pasar Muntok, di Masjid Baitul Hikmah, Tebing Gadai, di Lapangan Gelora Muntok dan lokasi lainnya yang dilakukan beberapa hari terakhir merupakan upaya dini untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban pascapemilu.

"Personel Satbinmas akan terus kami tugaskan untuk bersama-sama mencegah munculnya provokasi oleh oknum-oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab," katanya.

Hal senada juga disampaikan anggota KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi yang meminta masyarakat bersabar menunggu keputusan resmi KPU RI terkait Pemilu 2019.

"Untuk kewenangan kami menetapkan nama-nama anggota DPRD Kabupaten Bangka Barat terpilih periode 2019-2024 juga akan kami sampaikan setelah KPU RI menetapkan rekapitulasi nasional, jadi mohon bersabar," katanya. ***2***

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019