PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung telah memasang sistem proteksi Isolated Ground Shield Wire (I-GSW) untuk meminimalisir gangguan akibat petir yang sering terjadi di wilayah itu.

Manajer Teknik PLN UIW Bangka Belitung, Taufik Eko di Pangkalpinang, Minggu, mengatakan sistem proteksi Isolated Ground Shield Wire (I-GSW) merupakan sebuah sistem pengaman jaringan saluran udara tegangan tinggi (SUTT) dari sambaran petir.

"Seperti kita ketahui, kerapatan petir di daerah ini cukup ekstrim. Dari pemantauan sensor deteksi gelombang elektromagnetik frekuensi rendah, jumlah kali sambaran petir di satu titik tower SUTT bisa mencapai 25 kali per hari. Kondisi ini mengakibatkan listrik di wilayah Bangka Belitung sering terganggu," katanya.

Seperti kejadian tadi malam (18/5), saat cuaca di Pangkalpinang dan sekitarnya hujan disertai petir mengakibatkan gangguan sistem kelistrikan di daerah tersebut.

Sejak pukul 19.54 listrik di kawasan Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, Kecamatan Kelapa, Jebus, Parit Tiga dan Payung mengalami gangguan akibat sambaran petir di jalur SUTT 150 kV arah Sungailiat dan Pangkalpinang.

Namun petugas PLN segera melakukan recovery secara bertahap. Pukul 22.30 WIB 50 persen kawasan tersebut berhasil dinormalkan. Kemudian tepat pukul 01.23 WIB seluruh pasokan listrik kembali normal.

"Untuk mengantisipasi dan meminimalisir gangguan serupa, PLN bekerja sama dengan doktor dari intitute teknologi bandung (ITB) untuk melakukan penelitian akan hal ini sejak awal tahun 2018 lalu," katanya.

Hasil penelitian tersebut PLN secara bertahap memasang I-GSW. Pemasangan tahap pertama dilakukan pada beberapa titik rawan petir jalur SUTT 70 kV di Pulau Belitung akhir tahun 2018 lalu. 

"Hasilnya cukup memuaskan, gangguan akibat petir pada sistem transmisi tegangan tinggi turun sebesar 88 persen," ujarnya.

Sementara untuk sistem kelistrikan di Pulau Bangka, saat ini sedang dalam proses pemasangan  I-GSW tahap pertama di gardu induk (GI) dan jalur SUTT 150 kV line Air Anyir – Sungailiat serta line Air Anyir - Pangkalpinang. Nantinya seluruh GI dan SUTT yang memiliki kerawanan terhadap petir ditargetkan sudah terpasang I-GSW pada akhir tahun ini.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019