Sejumlah personel Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memeriksa alat keselamatan kapal di Pelabuhan Tanjungkalian Muntok.

"Pemeriksaan alat keselamatan kapal ini kami harapkan bisa mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan penyeberangan laut," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto melalui Kepala Sapolair Iptu Ferry Gunadi di Muntok, Kamis.

Pelaksanaan pemeriksaan dilakukan langsung para personel dengan naik ke sejumlah kapal yang sedang sandar di Pelabuhan yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Sumatera tersebut.

Sejumlah kapal yang diperiksa petugas, antara lain KMP Dharma Kartika, Ekspres Bahari 8 dan Ekspres Bahari 2C.

Dalam pemeriksaan yang dilaksanakan pada Rabu (29/5) tersebut pihaknya ingin memastikan seluruh alat keselamatan kapal dan penumpang tersedia dengan jumlah yang cukup memadai.

"Berdasarkan pemeriksaan kemarin, seluruh alat keselamatan berfungsi dengan baik dan jumlahnya cukup," ujarnya.

Menurut dia, pemeriksaan dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada para penumpang sekaligus agar keselamatan para penumpang kapal benar-benar terjamin.

"Dari tiga kapal yang kami cek semua alat keselamatan untuk penumpang kapal sudah baik, kami berharap kapal-kapal lainnya juga demikian," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019