Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Pol Istiono bersama forkopimda dan Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil meninjau pos pengamanan yang ada di Pangkalpinang dalam rangka melihat kesiapan pos tersebut hingga H-1 Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Hari ini kami meninjau tiga pos pengamanan yang ada pusat perbelanjaan Ramayana, Pelabuhan Pangkalbalam dan Bandara Depati Amir. Hingga hari ini, situasi dan kondisi masih berjalan aman dan lancar," kata Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Pol Istiono, Selasa.

Ia mengatakan, sejak pos pengamanan di Ramayana didirikan sejak H-7 sampai H-1 tidak pernah ada kejadian apapun dan kegiatan masyarakat berjalan aman dan lancar.

"Alhamdulillah aktivitas masyarakat yang berbelanja disana sangat aman dan lancar. Saya juga sudah bertanya kepada para pedagang bahwa semuanya aman terkendali termasuk fluktuasi harga barang terpelihara sangat bagus," katanya.

Sementara, untuk kondisi di Pelabuhan Pangkalbalam juga terpantau aman dan lancar walaupun terjadi lonjakan penumpang hingga 40 persen.
 
 

"Lonjakan penumpang di pelabuhan ini dikarenakan tiket pesawat yang mahal. Namun efeknya sangat bagus bagi perputaran ekonomi masyarakat, dimana UMKM disekitar pelabuhan laku, angkutan transportasi darat hidup, tiket kapal laku dan lainnya. Yang terpenting aktivitas di pelabuhan berjalan aman dan lancar. Jadi kami tinggal antisipasi arus baliknya saja," katanya.

Sedangkan untuk di Bandara Depati Amir, kata dia juga berjalan dengan aman dan lancar, dimana untuk jumlah penumpang turun 11 persen jika dibandingkan tahun lalu.

"Walaupun terjadi penurunan, penumpang yang ada di bandara ini masih terpantau sangat padat. Sementara untuk keamanan tetap kami tingkatkan termasuk koordinasi antar instansi terkait yang bertugas dalam pengamanan," katanya.
 
Kapolda Babel Brigjen Pol Istiono dan Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil foto bersama usai memantau pos pam di Bandara Depati Amir, Selasa (4/6). (babel.antaranews.com/Try Mustika Hardi)

Untuk fasilitas yang disediakan di bandara tersebut tergolong sangat baik dalam memberikan pelayanan dan pengamanan kepada para penumpang baik yang datang maupun berangkat.

Ia mengimbau kepada para penumpang untuk turut menjaga kondusifitas selama melaksanakan mudik baik melalui jalur darat, laut dan udara.

"Saya sampaikan kepada masyarakat yang mudik untuk selalu menjaga keselamatan jiwa sama hartanya. Hati-hati di jalan dan semoga selamat sampai tujuan," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019