Kepolisian Resor Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, memberikan bantuan perlengkapan keselamatan kepada sejumlah nelayan di daerah itu guna mengurangi risiko terjadinya korban kecelakaan di laut.

"Kami berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan selalu dibawa saat para nelayan melaut," kata Kepala Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat Iptu Ferry Gunadi di Mentok, Sabtu.

Penyerahan bantuan berupa pelampung dan alat keselamatan lain tersebut diberikan kepada para nelayan di Paitjaya Mentok bersamaan dengan kegiatan sosialisasi yang dilakukan para personel Satpolair Polres Bangka Barat.

Sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan sinergisitas antara polisi dan warga nelayan guna menjalin kebersamaan dalam menciptakan situasi aman dan tertib di wilayah pesisir di daerah itu.

"Para nelayan setiap harinya beraktivitas di wilayah perairan, kami harapkan mereka bisa memberikan andil dalam menciptakan kamtibmas," katanya.

Selain memberikan arahan mengenai upaya menciptakan kamtibmas di wilayah pesisir, kegiatan itu juga dimanfaatkan untuk memberikan pemahaman pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Sosialisasi pentingnya memahami Pancasila dan keutuhan NKRI ini kami harapkan mampu menangkap kemungkinan pengaruh paham radikal dan anti-Pancasila bagi warga pesisir," ujarnya.

Ferry Gunadi mengatakan bahwa Satpolair adalah mitra bagi nelayan dan masyarakat pesisir. Oleh karena itu, perlu diutamakan terjalinnya rasa saling percaya untuk bersama-sama menciptakan stuasi kondusif.

"Kami berupaya membangun pola kemitraan yang saling percaya antara polisi dan masyarakat untuk bersama-sama bertanggung jawab mencipakan situasi tetap aman, nyaman, dan tertib seperti yang telah terjalin selama ini," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019