Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan pembinaan administrasi terhadap 50 desa guna melakukan penguatan kelembagaan desa di daerah itu.

"Rencananya tahun ini seluruh desa yang ada di delapan kecamatan akan kami berikan pembinaan khususnya terkait pengelolaan administrasi desa," kata Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Selatan, Verry Mukmin di Toboali, Minggu.

Ia mengatakan pembinaan terhadap 50 desa ini akan dilaksanakan secara bertahap dan mulai tanggal 17 Juni sampai dengan 10 Juli 2019.

"Sebelum tim pembinaan administrasi desa turun ke lapangan, kami sudah menyurati masing-masing desa terlebih dahulu," kata dia.

Adapun fokus pembinaan administrasi meliputi pelaksanaan Administrasi Desa khususnya Profil Desa, Buku Administrasi Desa dan Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa Melalui Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Tahun Anggaran 2019.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan validasi data kepala desa, perangkat desa dan  administrasi BPD, terkait tata tertib BPD dan sekaligus sosialisasi pemilihan badan permusyawaratan desa yang akan segera dilaksanakan.

Menurut dia, pembinaan administrasi desa ini dilaksanakan dengan tujuan agar adanya meningkatkan kinerja pemerintahan desa, kualitas pelaporan, peningkatan kedisiplinan dan melaksanakan kegiatan pemerintahan desa sesuai dengan aturan yang berlaku Dan sesuai dengan dasar hukum yang ditetapkan.

"Selain itu, melalui kegiatan ini sistem administrasi desa akan lebih tertib, sehingga aparatur desa akan lebih mudah dalam mengelola data administrasi di pemerintahan dengan harapan terciptanya pelayanan yang berkualitas," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019