Kapolres Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Yudhis Wibisana menyebut kecelakaan tunggal bus pariwisata di Jalan Jenderal Sudirman, Desa Buluh Tumbang karena faktor kelalaian dari pengemudi bus yang berinisial MF.

"Laporan terakhir yang kami dapat bahwa ini merupakan murni kelalaian mungkin karena pengemudi letih," katanya di Tanjung Pandan, Senin.

Saat ini, kata dia, Polisi terus menyelidiki peristiwa tersebut dengan melakukan olah TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi di lokasi kejadian.

"Untuk menetapkan status tersangka kami harus membuktikan dari olah TKP maupun beberapa saksi yang ada, karena ini ada kerugian materil dan juga kerugian korban jiwa," katanya.

Kapolres mengimbau agar para pengemudi untuk senantiasa memperhatikan kondisi dan stamina tubuhnya sebelum berkendara sehingga tidak memaksakan diri.

"Apabila pengemudi merasa letih seyogyanya bisa digantikan dengan pengemudi lain," ujarnya.

Sebelumnya, sebuah mobil bus pariwisata di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengalami kecelakaan tunggal menabrak pembatas jalan sehingga menyebabkan kondisi bus terbalik di ruas Jalan Jenderal Sudirman, Desa Buluh Tumbang, Jumat (27/6) pagi.

Bus pariwisata tersebut diketahui mengangkut sebanyak 17 wisatawan yang hendak berwisata di Belitung, bus dalam perjalanan dari Bandara H.AS. Hanandjoeddin menuju objek wisata Danau Biru.

Kasatlantas Polres Belitung, AKP Iman Teguh di Tanjung Pandan, mengatakan pengendara mobil bus tersebut hilang konsentrasi sehingga penglihatannya gelap dan mobil yang dikendarai tersebut oleng ke kanan menabrak pembatas jalan.

"Bus mengangkut sebanyak 17 penumpang dua korban dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," katanya.

 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019