Wali Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Maulan Aklil (Molen) menghadiri Rapat Kerja Nasional ke-XIV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia tahun 2019.

Keterangan pers Pemkot Pangkalpinang yang diterima Antara, menyebutkan Rakernas APEKSI yang berlangsung di Ballroom Hotel PO di Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (3/7) secara resmi dibuka oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo yang mewakili Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Mendagri Tjahjo Kumolo mengungkapkan apresiasi yang tinggi dari pemerintah pusat serta ucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah kota dalam pelaksanaan Pilkada, Pileg dan Pilpres 2019 yang berjalan dengan demokratis, aman dan mencapai tingkat partisipasi yang tinggi.

Ia menyebutkan empat hal yang harus diperhatikan dalam pertumbuhan otonomi daerah, yaitu kreativitas dan inovasi yang berbasis kearifan lokal setiap daerah, dukungan infrastruktur yang telah tumbuh pesat harus dimanfaatkan oleh seluruh pemerintah kota, sinergitas pemerintah kota melalui Apeksi akan berdampak positif bila disinergikan bersama pemerintah, serta kota harus bisa mempertahankan identitas diri.

Penentuan Kota Semarang sebagai penyelenggara kegiatan APEKSI XIV merupakan hasil Rakernas XIII APEKSI 2018 sebelumnya di Kota Tarakan. Rakernas APEKSI tahun 2019 kali ini mengusung tema "Penguatan Alokasi Anggaran Pemerintah Daerah Untuk Mendukung Profesionalitas Aparatur dan Kemandirian Daerah".

Seluruh Rangkaian kegiatan Rakernas XIV Apeksi tahun 2019 berlangsung selama 5 hari mulai 2-6 Juli 2019 di Kota Semarang. Adapun Rangkaian Kegiatan ini diantaranya Welcome Dinner, Rakernas XIV Apeksi, Ladies Program, Pawai Budaya yang diikuti oleh 3900 Peserta yang dilanjutkan Semarang Night Carnival, Penanaman Pohon Khas Daerah dari 98 Kota Peserta Apeksi dan Indonesia City Expo 2019.

Turut menjadi Pemateri dalam Rakernas kali ini Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri PANRB Syafruddin.

Sebelumnya Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengatakan, dalam kegiatan Rakernas APEKSI dirinya akan menyampaikan permasalahan yang ada di Kota Pangkalpinang guna mendapat solusi terbaik.

"Pada momen besar ini, saya mewakili masyarakat Kota Pangkalpinang akan menyampaikan ada beberapa hal terkait permasalahan yang ada di Pangkalpinang seperti masalah RTH, Investasi, Pengangguran dan yang lainnya," katanya.

Ia berharap dari kegiatan Apeksi nantinya akan da solusi untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di Kota Pangkalpinang.

"Semoga apa yang menjadi permasalahan kita di Kota Pangkalpinang ini nantinya ada solusi sebagai hasil dari kegiatan Apeksi ini, sehingga permasalahan-permasalahan yang ada bisa segera kita selesaikan," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019