Kepolisian Sektor Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memasang spanduk himbauan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar ketika memasuki musim kemarau.

"Hari ini spanduk himbauan sudah mulai kami pasang, sebagai ajakan kepada masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan saat memasuki musim kemarau," kata Kapolsek Air Gegas IPTU Amri di Toboali, Selasa.

Ia mengatakan pesan yang disampaikan melalui spanduk tersebut berupa ajak kepada masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan yang dapat menyebabkan kebakaran dan jangan membuka ladang atau kebun dengan cara dibakar karena telah masuk musim kemarau.

"Spanduk himbauan ini kami pasang hampir diseluruh titik yang menjadi potensi rawan kebakaran terutama lahan tidur yang berlokasi dipinggir jalan dan banyak ilalang keringnya," katanya.

Selain memasang spanduk himbauan, Polsek Air Gegas juga akan mengoptimalkan peran dan fungsi Bhabinkamtibmas yang ada di desa-desa untuk mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk meminimalisir segala kegiatan yang akan menyebabkan kebakaran terutama memasuki musim kemarau.

"Kami juga akan mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas untuk sosialisasi langsung ke tengah-tengah masyarakat untuk ikut serta mengantisipasi terjadinya karhutla di wilayah hukum polsek Air Gegas," katanya.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019