Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh mendorong warganya gemar memakan ikan, untuk menghindari kasus stunting atau kekerdilan yang menimpa kalangan anak di daerah itu.

"Harus membiasakan memakan menu masakan serba ikan setiap hari karena ikan sumber protein dan memiliki gizi tinggi, sehingga mampu meningkatkan kecerdasan anak serta menghindari stunting," ujarnya di Koba, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat.

Berbagai upaya dilakukan Pemkab Bangka Tengah untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat di antaranya memotivasi ibu rumah tangga untuk menyajikan menu masakan secara bervariasi yang bahan bakunya serba ikan.

"Di antaranya melalui lomba masak serba ikan, ini memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pemenuhan gizi seimbang, masakan berpariasi dan menu masakan yang lebih sehat," ujar Ibnu Saleh.

Pemerintah daerah kata dia bertekad memberantas stunting dengan pemberian gizi yang cukup kepada anak sejak usia dini, di antaranya dengan memperbanyak mengonsumsi ikan.

"Usia dini merupakan generasi emas harapan daerah dan bangsa, maka harus dijaga asupan gizi mereka, harus seimbang sehingga otaknya lebih cerdas dan pertumbuhan fisik anak tidak terhambat," ujarnya.

Ibnu Saleh mengatakan, kasus stunting tidak boleh terjadi di daerah itu karena daerah yang dikelilingi laut dengan produksi ikan cukup banyak.

"Dengan mengonsumsi ikan setiap hari tentu sudah mampu mencegah kekerdilan terhadap pertumbuhan anak karena ikan sumber protein yang bergizi tinggi," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019