Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar pelatihan jurnalistik tentang pengisian konten website seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) pemerintahan kota itu.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik, Diskominfo Kota Pangkalpinang, Zulfahmi di Pangkalpinang, Kamis, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan secara teknis bagi pengelola website OPD di lingkungan Pemkot Pangkalpinang

"Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan keahlian peserta tentang cara pengisian konten di website masing-masing agar lebih menarik," katanya.

Selain itu, kegiatan tersebut untuk meningkatkan kemampuan menulis berita, karena selama ini pranata humas yang ada di Kota Pangkalpinang jumlahnya masih sedikit.

"Dengan acara ini kami memberikan pengetahuan kepada mereka membuat contoh berita yang baik, mereka yang selama ini belajar secara mandiri, di sini mereka juga akan diberikan informasi dan kiat-kiat menulis berita," katanya.

Selain memberikan pengetahuan cara penulisan berita yang baik, pada kegiatan itu juga untuk meningkatkan kemampuan fotografi dan teknik jurnalistik.

"Kami berencana melaksanakan lomba terkait penulisan jurnalistik, peserta tidak hanya untuk kalangan pegawai OPD saja, tetapi juga membuat lomba untuk anak-anak SMP yang ada di Pangkalpinang," katanya.

Sementara pengisi materi kegiatan, Kepala LKBN Antara Biro Bangka Belitung, Irwan Arfa mengatakan sosialisasi ini sebagai bentuk berbagi ilmu jurnalistik, cara penulisan, pengambilan foto dan video yang benar, sehingga dapat memberikan informasi yang benar dan menarik.

"Kalau selama ini banyak konten dari OPD yang terkesan terabaikan dan kurang mendapat perhatian bahkan tidak diurus sama sekali karena kurangnya pengetahuan teknik penyajian, hari ini kami berbagi pengalaman bagaimana teknis yang baik sehingga dapat menarik perhatian para pengunjung website," katanya.

Dalam kegiatan itu, Irwan juga menyarankan agar setiap OPD berkoordinasi dengan Diskominfo sehingga terbentuknya sentralisasi atau terpusat di satu pengelola.

"Hal itu berguna untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi yang lengkap tentang kegiatan-kegiatan Pemerintah Kota Pangkalpinang," katanya. 

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019