Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta Transmart yang tidak lama lagi beroperasi untuk mengurangi angka pengangguran yang ada di kota itu. 

"Transmart sebagai anak perusahaan dari PT Trans Retail Indonesia yang akan beroperasi di Pangkalpinang diharapkan dapat merekrut karyawan dari masyarakat lokal, itu dalam rangka mengurangi angka pengangguran," kata Ketua MPC PP Kota Pangkalpinang, Fahrizan, Sabtu. 

Menuruntnya sebagai perusahaan ritel di Indonesia, TransMart Pangkalpinang akan membuka puluhan banyak gerai dan cinema, sehingga penerimaan karyawan bukan hanya memperhatikan kualifikasi syarat teknis, namun memperhatikan keterlibatan peran serta lembaga lokal.

"Harusnya dapat menerima sebanyak mungkin putra daerah, bukan karena primordialisme namun karena akan mengurangi angka pengangguran," katanya. 

Fahrizan mengatakan, dalam penerimaan karyawan bila diasumsikan 1.000 orang, sebaiknya 900 orang warga Pangkalpinang. 

Kontribusi mengurangi pengangguran tersebut, menurutnya bukan berarti bagi - bagi porsi kepada lembaga lokal, namun juga memperhatikan kualifikasi sumber daya manusia (SDM) siap kerja. Selain memiliki kompetensi juga memiliki kualitas etos kerja yang disiplin.

"Keterlibatan masyarakat lokal sebagai tenaga kerja juga harus dikomunikasikan tidak hanya kepada lembaga pemerintah. Lembaga non pemerintah juga tidak bisa memaksakan porsi. Karena angka pengangguran kita juga banyak dan harus dikurangi. Namun kualifikasi lembaga dengan kualifikasi SDM punya kualitas juga penting," ujarnya. 

Pewarta: Try Mustikahardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019