Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyambut baik pembukaan rute penerbangan Air Asia di Belitung guna memajukan pariwisata di daerah itu.

"Kami atas nama Pemkab Belitung mengucapkan apresiasi dan dukungan dengan masuknya Air Asia ke Belitung," kata Bupati Belitung Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Babel, Selasa.

Ia mengatakan, kehadiran Air Asia di Belitung akan membawa dampak positif bagi kemajuan sektor pariwisata, sehingga pihaknya terus berupaya agar rute penerbangan ini dapat berkelanjutan.

"Tidak hanya sektor pariwisata saja tetapi sektor bisnis akan merasakan kemajuan. Seperti menyandingkan produk UKM daerah kita dengan produk UKM Malaysia," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pembukaan rute Air Asia Belitung-Kuala Lumpur diyakini mampu meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Belitung.

"Belitung dan Malaysia memiliki kesamaan baik secara komunitas maupun budaya sehingga ini akan mempererat hubungan antardua negara," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Belitung juga yakin pembukaan rute Air Asia Belitung-Kuala Lumpur akan mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Belitung.

"Kita ketahui Kuala Lumpur adalah negara yang menghubungkan wisatawan dari berbagai negara dan benua sehingga nantinya dari Kuala Lumpur bisa langsung Belitung," ujarnya.

Ia mengatakan, sejauh ini tren kunjungan wisatawan mancanegara ke Belitung terus meningkat. Hingga Maret 2019 tercatat ada sekitar 4.000 wisman berkunjung ke Belitung.

"Kalau tahun 2018 ada 15.000 wisman yang berkunjung. Maka tahun ini kami targetkan hingga akhir tahun sekitar 18.000-20.000 kunjungan wisatawan mancanegara," jelasnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019