Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan optimistis daerahnya mampu meraih predikat "Swasti Saba Wistara" 2019 dari Kementerian Kesehatan bidang Kabupaten Sehat.

"Saya optimis, predikat 'Swasti Saba Wistara' 2019 mampu diraih sebagai Kabupaten Sehat karena keberhasilan yang sama pernah diraih pada tahun 2017," katanya di Sungailiat, Rabu melalui siaran resminya dari Diskominfo. 

Dikatakan, cita-cita untuk meraih penghargaan tersebut bukanlah tujuan utama tetapi bagian dari bentuk apresiasi dari pemerintah terhadap pelaksanaan program kabupaten atau kota sehat.

"Program kabupaten atau kota sehat telah berhasil mendorong masyarakat serta pemangku kepentingan lainnya dalam mewujudkan pembangunan di bidang kesehatan secara berkesinambungan," jelasnya.

Menurutnya, pemerintah Kabupaten Bangka telah melakukan langkah konkret dan strategi melalui penguatan perencanaan dalam dokumen rencana program jangka menengah daerah dan rencana kerja pembangunan daerah yang mendukung terwujudnya Kabupaten Sehat.

Bupati mengatakan, berbagai program kesehatan yang telah dilakukan mulai dari peningkatan pembangunan sarana dan prasarana, gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), percepatan konvergensi penurunan angka stunting 10 besar tingkat nasional dan prevalensi penyakit menular dan tidak menular.

Pihaknya juga melakukan penguatan kelembagaan melalui pembentukan forum Kabupaten Bangka Sehat melalui pemberdayaan masyarakat yang difasilitasi pemerintah Kabupaten Bangka.

"Forum ini terdiri dari berbagai pemangku kepentingan yang secara sinergis berkolaborasi terwujudnya keberhasilan pembangunan Kabupaten Bangka Sehat tahun 2019," ujar bupati.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019