Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mendorong kelompok tani menanam tanaman semangka.

"Tanaman semangka memiliki prospek ekonomi, jangan hanya tergantung pada satu komoditas saja," kata Ibnu Saleh di Koba, Kamis.

Hal itu dikemukakannya usai menghadiri panen perdana 60 ton semangka milik Kelompok Tani Sido Makmur di Desa Lubuk Pabrik, Kecamatan Lubuk Besar.

"Kecamatan Lubuk Besar memang memiliki potensi untuk dikembangkan tanaman semangka dan Kelompok Tani Sido Makmur sudah membuktikan itu," ujarnya.

Ibnu Saleh juga memberikan apresiasi kepada kelompok tani yang dinilai sudah berhasil membudidayakan tanaman semangka di atas lahan yang tergolong kritis.

"Di Bangka Tengah ini dikenal dengan lokasi penambangan bijih timah yang menghasilkan banyak lahan kritis, kelompok tani ini berhasil menyulap lahan tersebut menjadi produktif," ujarnya.

Ibnu Saleh juga mendorong masyarakat mengembangkan tanaman hortikultura karena masa panen lebih singkat dan biaya produksi lebih sedikit.

"Selain itu tanaman hortikultura memiliki prospek ekonomi karena bisa menghasilkan dalam jangka waktu singkat, perputaran uangnya lebih kencang," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019