TNI Angkatan Darat bersama Tentara Diraja Malaysia (TDM) berjanji akan terus bersinergi mencegah upaya penyelundupan barang maupun orang dari Indonesia ke Malaysia yang hingga kini masih marak.

Komandan Satgas Pamtas Yonif Raider 600 MDG Mayor Inf Ronald Wahyudi di Sei Menggaris, Selasa, mengatakan, pihaknya telah diinstruksikan oleh atasan agar berupaya maksimal mencegah dan memberantas upaya-upaya penyelundupan dari Malaysia ke wilayah NKRI dan sebaliknya.

Upaya yang dilakukan dengan meningkatkan pemantauan dan pengawasan terhadap orang atau kapal yang melintas dengan memperketat pemeriksaan.

Selain itu, prajurit penjaga perbatasan pada setiap pos melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan darat maupun laut. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi guna meminimalisir upaya penyelundupan barang berupa produk tekstil, orang yang akan bekerja di negeri jiran dan produk kebutuhan pokok lainnya.

Pada kesempatan yang sama Pejabat Pemerintah Batalion 5 Brigade TDM, Letkol Zulkifli bin Jafar mengungkapkan, anak buahnya terus melakukan antisipasi dengan melakukan pemeriksaan terhadap pelintas batas baik dari Indonesia menuju negaranya maupun sebaliknya.

Ia berjanji akan bersinergi dengan TNI untuk melakukan berbagai langkah pencegahan upaya penyelundupan ke negaranya dan ke Indonesia.

Pewarta: Rusman

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019