Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjamin stok sembilan bahan kebutuhan pokok untuk masyarakat di daerah itu aman atau mencukupi hingga Lebaran.

"Sampai menjelang Lebaran, bahkan setelah Lebaran, stok sembako untuk kebutuhan masyarakat di pasar tradisional mencukupi atau aman," kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Bangka Kamil Abubakar di Sungailiat, Jumat.

Ia mengatakan jaminan aman kebutuhan masyarakat berdasarkan laporan dari pihak Bulog dimana stok beras sampai terdapat 150 ton dan diperkirakan jumlah tersebut mencukupi sampai bulan Agustus.

"Saya imbau masyarakat tidak perlu panik karena pasokan dan stok kebutuhan masyarakat dipastikan aman," katanya.

Dikatakan, antisipasi stok kebutuhan masyarakat pada bulan ramadhan dan menjelang telah dipersiapkan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah dengan melakukan operasi pasar serta program bazar sembako murah.

"Kita ketahui pada bulan ramadhan atau menjelang lebaran tingkat kebutuhan masyarakat meningkat cukup tinggi dan biasanya pula diikuti dengan kenaikan harga ditingkat pasar," ujarnya.

Kaitan hal ini kata dia, pemerintah Kabupaten Bangka akan menggelar kegiatan bazar sembako murah yang difokuskan di 20 desa yang tersebar di delapan kecamatan.

"Sasaran bazar sembako murah di peruntukan bagi warga yang benar-benar membutuhkan sehingga dilarang untuk dijual kembali," katanya.

Dia mengatakan, bazar sembako murah yang akan dilakukan oleh dinas terkait berupa paket, beras, minyak goreng dan gula pasir dengan harga tentu lebih murah dibanding dengan harga di pasar," katanya.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014