Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap mendukung penuh rencana Mabes AD untuk membangun Makodim di Bumi Junjong Besaoh.

"Pada perinsipnya kami sangat mendukung sekali rencana pembangunan Kodim di Bangka Selatan," kata Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer di Toboali, Selasa.

Menurut dia, untuk mendukung pembangunan Makodim baru Pemkab Bangka Selatan telah menyediakan lahan seluas enam hektare untuk pembangunan gedung.

"Kalau ada hal-hal yang kurang untuk pembangunan makodim kami siap membantu, termasuk dukungan untuk membangun asrama," kata dia.

Ia mengatakan dengan hadirnya Makodim kedepan, diharapkan dapat mendukung cita-cita Bangka Selatan untuk menjadi daerah industri strategis nasional dan nyaman bagi para investor untuk berinvestasi.

"Dengan adanya makodim dapat membuat situasi Bangka Selatan semakin aman dan kondusif, sehingga investor nyaman berinvestasi di Bangka Selatan," katanya.

Tim Mabes Angkatan Darat yang dipimpin oleh PabanII/Jemen Srenad, Kolonel Inf Muhklis mengatakan pihaknya akan berupaya agar rencana pembangunan Makodim di Bangka Selatan ini segera dilaksanakan.

"Kami upayakan tahun depan rencanakan pembangunan Makodim sudah bisa direalisasikan, terlebih pemerintah daerah siap mendukung penuh," katanya.

Menurut dia, lokasi lahan yang disiapkan oleh Pemda untuk pembangunan gedung Makodim sangat strategis karena didekat jalan nasional dan sangat dekat dengan Kepolisian serta pusat kota Toboali.

"Sejauh ini kendala tidak ada, meskipun ada kami akan berusaha semaksimal mungkin mengeliminir kendala tersebut," katanya.

Ia mengatakan Makodim ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah daerah untuk mengembangkan Bangka Selatan menjadi kawasan daerah strategis nasional dapat terback up dari sisi stabilitas pertahanan keamanannya yang selama ini masih di handle oleh Kodim 0413/Bka.

"Untuk estimasi anggaran belum bisa kami sampaikan, karena kami harus menghitung terlebih dahulu dan melihat dari sisi skala prioritasnya," kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019