Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berupaya meningkatkan kemampuan bidan puskesmas yang ada di daerah itu.

"Hari ini kami melaksanakan pelatihan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) guna meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan khususnya para bidan puskesmas dan rumah sakit," kata Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Supriyadi di Toboali, Jum'at.

Ia mengatakan pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 30 orang peserta, yang terdiri dari 29 orang bidan puskesmas dan satu orang bidan RSUD Kabupaten Bangka Selatan.

"Pelatihan ini dilaksanakan selama lima hari sejak tanggal 2-6 September 2019 di gedung ruang rapat Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan," katanya.

Ia mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan dalam melakukan pemeriksaan deteksi dini terhadap kanker serviks dan payudara.

"Kami berharap setelah mendapatkan pelatihan ini, para bidan dapat mendeteksi dini kanker serviks sehingga dapat cepat untuk ditanggulangi," katanya.

Ia mengimbau seluruh bidan yang telah mendapatkan pelatihan IVA dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk melayani masyarakat secara maksimal.

"Saya berharap para bidan yang telah mendapatkan pelatihan ini dapat melayani masyarakat, khususnya para ibu dengan ilmu yang telah didapat," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019