Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka,  Kepulauan Bangka Belitung, menyediakan 30 ton beras untuk bantuan paket sembako murah bagi masyarakat daerah itu.

Selain 30 ton beras yang sudah disediakan, kata Ketua Koordinator Lapangan Deki di Sungailiat, Kamis, pemerintah daerah juga menyedikan enam ton gula pasir serta enam ton minyak goreng.

"Sejumlah semboko sebanyak itu akan dikemas dalam paket sembako murah dengan perkirakan mencapai 3.000 paket," katanya
    
Setiap paket yang terdiri satu karung beras kapasitas sekitar 10 kilogram, satu kilogram  minyak goreng dan satu kilogram gula pasir dijual kemasyarakat seharga Rp95 ribu per paket.

"Harga Rp95 ribu per paket tentu diperhitungkan lebih murah dibanding dengan harga komersial di pasar, dan paket  sembako murah ini tidak diberbolehkan dijual kembali guna mencari keuntungan pribadi," kata Deki.      
    
Program paket sembako murah bertujuan untuk membantu masyarakat meringan beban keluarga pada Ramadhan yang biasanya kebutuhan keluarga meningkat.

"Secara bertahap paket sembako murah mulai di jual atau didistribusikan ke masyarakat mulai hari ini untuk Kecamatan Sungailiat yang dipusatkan di Desa Matras," katanya.

Pada hari berikut sesuai jadwal, kegiatan yang sama dilakukan di Kecamat Belinyu yang di pusatkan di pasar tradisional setempat pada (19/7), di Kecamatan Bakam ditempatkan di Desa Dalil pada (22/7), Kecamatan Puding Besar dipusatkan di Desa Kota Waringin (21/7).

"Kemudian di Kecamatan Pemali kegiatan paket sembako murah di tempatkan di Desa Air Duren hari Rabu (23/7), Kecamatan Merawang dipusatkan di Desa Air Anyir (24/7), Mendo Barang di Desa Kemuja pada hari Selasa (5/8) dan Kecamatan Riau Silip kegiatan dipusatkan di Desa Berbura pada Rabu (6/8)," katanya.


Pewarta: Oleh: Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014