Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengoptimalkan fungsi Pelabuhan Sungaiselan yang melayani rute pelayaran menuju Sumatera Selatan.

"Fungsi pelabuhan ini tentu harus dioptimalkan untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat," kata Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh di Sungaiselan, Koba, Minggu.

Ibnu Saleh mengatakan itu saat meninjau kegiatan pengerukan alur Dermaga Sungaiselan yang sudah mengalami pendangkalan sehingga menyulitkan kapal untuk sandar.

"Sungaiselan ini memang memiliki potensi besar sebagai sebuah kecamatan pelabuhan yang melayani rute pelayaran Sungaiselan-Palembang," ujarnya.

Ia menjelaskan, Pelabuhan Sungaiselan merupakan pelabuhan kecil yang hanya disinggahi sejumlah kapal barang dan orang dengan ukuran relatif kecil.

"Kondisi tersebut tentu sesuai dengan kondisi dan kapasitas pelabuhan yang hanya mampu menjadi pelabuhan kecil, namun perannya sangat besar untuk kemajuan perekonomian daerah," ujarnya.

Menurut dia, kalau fungsi Pelabuhan Sungaiselan benar-benar dioptimalkan tentu akan berdampak terhadap sektor perekonomian.

"Roda perekonomian akan berjalan kencang di Sungaiselan, bahkan juga berimbas terhadap kecamatan lainnya yaitu Simpangkatis dan Kecamatan Namang," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019