Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merayakan hari jadi kota ke-262 dengan menggelar berbagai macam kegiatan di Alun-Alun Taman Merdeka dan beberapa tempat lainnya.

"Perayaan HUT Kota Pangkalpinang Kota Beribu Senyuman yang ke-262 ini dimulai hari ini hingga Selasa 17 September 2019 yang merupakan hari puncaknya," kata Wakil Wali Kota Pangkalpinang, M Sopian saat memberikan sambutan pada pembukaan perayaan HUT Kota Pangkalpinang ke-262 di Alun-Alun Taman Merdeka, Minggu.

Ia mengatakan masyarakat Kota Pangkalpinang memiliki cita-cita yang tinggi dan mulia, selalu menjaga harmoni yang indah terhadap sesama, alam dan Tuhan Yang Maha Esa, dengan melalui sejarah yang panjang dalam pengembangan dan pembangunan Kota Pangkalpinang. 

"Kita sudah melalui beberapa periode sejarah, sejak tahun 1757 masa kesultanan serta masa VOC, kedatangan warga cina, melayu, massa Inggris dan Belanda, penyerahan kemerdekaan dan pasca kemerdekaan, beberapa terpaan ujian dan sejarah telah dilalui oleh kota ini," ujarnya.

Dengan memperingati HUT Kota Pangkalpinang yang ke-262 ini diharapkan dapat menumbuhkan pemahaman masyarakat terhadap perkembangan Kota Pangkalpinang dari satu tahap ke tahap berikutnya, sehingga tumbuh kesadaran dan semangat yang tinggi untuk bersama-sama memiliki kepedulian terhadap pembangunan kota ini.

"Dalam rangka mewujudkan cita-cita bersejarah ini dan mewujudkannya melalui visi Kota Pangkalpinang menjadi kota beribu senyuman yaitu kota yang sejahtera, nyaman, unggul dan makmur," katanya.

Dikatakannya, dalam merayakan hari jadi Kota Pangkalpinang kali ini berbagai macam kegiatan dilakukan antara lain, pameran pembangunan, seni budaya, olahraga, ekonomi dan pariwisata, serta kegiatan sosial lainnya.

"Terdapat beberapa kegiatan inovatif untuk pertumbuhan Kota Pangkalpinang, seperti penyerahan penghargaan bagi masyarakat yang berprestasi dalam membangun kota, pengembangan wisata Kampung Budaya Tua Tunu, pengembangan inovasi pelayanan terpadu di Kecamatan Bukit Intan Kota Digital dan lain sebagainya," katanya.

Ia berharap melalui momentum HUT ke-262 ini, Kota Pangkalpinang akan terus maju dan berkembang, menuju kota metropolis, sejajar dengan kota kota besar di Indonesia.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019