Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM)  Korwil Pangkalpinang bekerjasama dengan Karang Taruna Batin Tikal menggelar tabliq akbar dengan tema “Memaknai Kembali Makna Hijrah” dalam rangka memperingati Tahun Baru Muharram 1441 Hijriyah  di jalan Linggarjati.

Acara yang dihadiri oleh tim Bikers Subuh, tokoh agama, pemuka masyarakat dan segenap lapisan masyarakat ini berlansung sehabis Isya dimulai dengan pembacaan simtutduror, shalawat dan marhaban oleh tim Hadrah Almarhamah Masjid Al-Qurbah Gabek.

Ketua Korwil IKPM Pangkalpinang sekaligus ketua panitia, Ust Agus pada Senin menyampaikan rasa syukur tak terhingga kepada segenap tamu undangan yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri tabligh akbar ini.

"Tema yang diangkatpun pada dasarnya melihat fenomena hijrah yang semakin marak, maka untuk itu, perlunya menggali lebih jauh lagi makna hijrah sesungguhnya itu, seperti apa? dan bagaimana?," katanya.
 

Acara inti kegiatan, diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ust H. Dede Purnama Alzulami, Lc, MA.Hk. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan dan mengupas secara mendalam makna hijrah.

Secara bahasa, kata dia, hijrah berarti meninggalkan. Seseorang dikatakan berhijrah jika telah memenuhi dua syarat, yaitu, pertama ada sesuatu yang ditinggalkan dan kedua ada sesuatu yang dituju (tujuan). Keduanya ini harus dipenuhi oleh orang yang ingin berhijrah.

"Dengan cara meninggalkan segala bentuk keburukan, serta melaksanakan segala bentuk kebajikan. Lebih jauh lagi, hijrah merupakan salah satu prinsip hidup, yang senantiasa harus dimaknai dengan benar dan tepat," katanya.
 

Dari sekian banyak ayat yang menjelaskan tentang hijrah dapat diambil tiga  prinsip  hidup, yaitu  iman, hijrah dan jihad. Iman bermakna keyakinan, hijrah bermakna perubahan dan jihad bermakna perjuangan.

"Adapun nilai dasar dari hijrah yaitu hijrah harus dilakukan atas dasar niat karena Allah dan keridhaan Allah. Sedangkan bagi mereka yang melakukan hijrah niscaya akan memperoleh keberkahan, kelapangan rizki, dan kududukan yang mulia di sisi Allah," katanya.

Pewarta: Ihsan Habibie

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019