Forum Wartawan Pariwisata Indonesia (Forwapar) tiba di Bangka Belitung menggunakan Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA136, meski harus mengalami Return To Base, karena saat itu hujan dan jarak pandang sangat minim.

"Untuk keselamatan, pesawat kembali ke Soekarno Hatta" kata Ketua Forwapar Johan Sompotan saat tiba di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, pesawat Garuda Indonesia GA136 dari Soekarno Hatta dijadwalkan tiba di Pangkalpinang pukul 11.30 WIB. Namun, saat pesawat hendak mendarat,  jarak pandang di Bandara Depati Amir minim sehingga pesawat sempat berputar selama beberapa menit menunggu jarak pandang normal kembali, sampai akhirnya memutuskan kembali ke Soekarno Hatta untuk mengisi bahan bakar dan pergantian kru pesawat.

"Pesawat baru terbang kembali menuju Depati Amir pada pukul 14.15 WIB, setelah kondisi dianggap memungkinkan," ujarnya.

Akibat keterlambatan tersebut, anggota Forwapar tiba di Pangkalpinang pada pukul 15.45 WIB. Akibat kondisi tersebut, beberapa maskapai mengalami keterlambatan, salah satunya pesawat yang ditumpangi oleh anggota Forwapar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bangka Belitung, yang diwakili Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran, Fajri Djagahitam mengatakan Forwapar adalah forum wartawan pariwisata dari berbagai media nasional maupun internasional yang bersinergi dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar) RI dalam menyampaikan informasi pariwisata kepada masyarakat luas melalui publikasi di media cetak, elektronik maupun digital.

Anggota Forwapar yang berkunjung ke Babel berasal dari media nasional baik online, cetak maupun elektronik yang terdiri dari Kompas.com, Kumparan, Detik.com, Vakansi.co, Wartaevent.com, Indonesianew.com, Indonesiatripnews.com, Dolanae.com, Marketplus.co.id, Travelmaker.id, Airmagz,Venue magazine dan MNC TV.

Pihaknya mengucapkan selamat datang kepada peserta FamTrip. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Kemenpar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi-destinasi wisata di Indonesia.

"Kita ucapkan selamat datang, meski dalam kunjungan terdapat kendala selama di perjalanan. Kita berharap atusiasme peserta tidak berkurang dalam mengikuti rangkaian acara selanjutnya," ujarnya

Ia menambahkan, Bangka Belitung merupakan salah satu daerah yang masuk dalam kategori 10 destinasi prioritas. Oleh karena itu keterlibatan media massa sangat diperlukan untuk menyebarluaskan informasi pariwisata Bangka Belitung secara luas melalui konten yang di publikasikan oleh peserta Famtrip ini.

"Meski ada kendala dalam perjalanan, namun peserta tetap mengikuti rangkaian acara. Malam ini kita akan audensi dan makan malam bersama Bupati Kabupaten Bangka Barat. Dan besok pagi kita akan mengeksplor destinasi wisata di sana "ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019