Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong pemerintah daerah membuka lapangan pekerjaan, untuk mengatasi pengangguran dan menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

"Saya menyarankan dan mendorong, pemerintah daerah di antaranya pihak legislatif dan eksekutif mampu menggunakan kekuasaannya untuk membuka lapangan pekerjaan baru di daerah ini," kata Ketua KNPI Bangka Tengah, Palmulip di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, setiap tahun jumlah pengangguran terutama di kalangan generasi muda terus bertambah dan mereka masih membutuhkan bantuan pemerintah daerah untuk mencari peluang dalam mendapatkan pekerjaan.

"Pemerintah daerah juga kami harapkan menciptakan program pro rakyat, membuka peluang investasi agar bermunculan lapangan pekerjaan di daerah ini," ujarnya.

Namun demikian, kata dia, kalangan generasi muda jangan hanya mengharapkan peluang tetapi mampu membuka dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk membantu pemerintah dalam menurunkan angka pengangguran.

"Pemerintah daerah juga diharapkan mendorong masyarakat untuk bisa berdikari, misalnya memberikan pelatihan keahlian sebagai modal bagi mereka untuk bisa mandiri," ujarnya.

Ia juga mengatakan, anggota DPRD terpilih harus jeli dalam pembahasan anggaran dan fokus terhadap program pro rakyat dan anggaran berbasis kerakyatan.

"Kita tidak bisa pungkiri, setiap pergantian periode di DPRD selalu meninggalkan sejumlah pekerjaan rumah dan itu wajar karena menunjukkan daerah memiliki progres jangka panjang yang membutuhkan proses dan waktu cukup lama untuk menyelesaikannya," ujarnya.

Palmulip juga meminta anggota legislator periode 2019-2024 dapat menunjukkan etos kerja yang tinggi dan membela hak rakyat karena memang dipilih sebagai perpanjangan tangan rakyat.

"Eksekutif dan legislatif merupakan motor penggerak pembangunan, sementara masyarakat adalah pelaku pembangunan yang ambil bagian dalam menikmati pembangunan tersebut tanpa mengabaikan kontribusi dalam membangun," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019